jasa membangun pura

          PEMBORONG BANGUNAN PURA

STRUKTUR PURA :

Ini harus di terapkan dalam pembuatan pura,

 Berbeda dengan tempat suci agama lain, bangunan Pura dibuat pada udara terbuka yang terdiri dari beberapa bagian atau lingkungan dan dikelilingi oleh pagar tembok. Masing-masing lingkungan dihubungkan dengan gapura atau gerbang dengan ukiran indah. Lingkungan yang dikelilingi tembok tersebut memuat beberapa bangunan seperti pelinggih, tempat bersemayam Hyang Widhi, meru yaitu menara dengan atap bersusun, serta bale (pavilion atau pendopo).

Pura bukan hanya tempat untuk pemujaan atau sembahyang, melainkan tempat suci. Pendirian Pura harus mengikuti beberapa persyaratan sehingga menjadi tempat suci. Struktur bangunan Pura mengikuti konsep Tri Mandala (tri = tiga, mandala = wilayah/daerah). Tri Mandala ini merupakan perlambangan dari Tri Bhuwana, yaitu:

1. Nista Mandala (Jaba Pisan) – lambang bhur loka
2. Madya Mandala (Jaba Tengah) – lambang bhuwah loka
3. Utama Mandala (Jero) – lambang swah loka

Nista Mandala merupakan zona terluar yang merupakan pintu masuk pura dari luar lingkungan. Zona ini biasanya berupa taman atau lapangan, bisa digunakan untuk pementasan tari atau persiapan upacara keagamaan. Sebelum masuk Nista Mandala, terdapat Candi Bentar, yang berfungsi sebagai penyeleksi umum.

Madya Mandala adalah zona tengah dimana umat beraktivitas dan fasilitas pendukung. Pada zona ini terdapat Bale Kul-kul, Bale Gong, wantilan, Bale Pesandekan, dan Perantenan. Di beberapa Pura, Bale Kul-kul dan Perantenan ada di Nista Mandala.

Utama Mandala merupakan zona yang paling dalam, dan merupakan tempat paling suci dari Pura. Untuk masuk tempat ini umat harus melalui Kori Agung atau Candi Kurung dengan 3 pintu. Pintu utama terletak di tengah, sedangkan dua pintu lainnya mengapit pintu utama. Di zona ini terdapat Padmasana, Pelinggih, Meru, Bale Piyasan, Bale Pepelik, Bale Panggungan, Bale Pawedan, Bale Murda, dan Gedong Penyimpenan.

Selain sebagai lambang Tri Bhuwana, konsep Tri Mandala ini juga mempunyai tuntutan tata susila bagi Umat Hindu. Tuntutan tat susila itu adalah Tri Kaya Parisudha, yaitu kayika, wacika dan manacika. Dari masuk jaba pisan umat sudah harus mengendalikan kegiatannya agar baik dan suci.

Kami menyediakan kontraktor untuk bangunan pura,dengan jasa kami yang bisa dibilang sudah berpengalaman di bidang ini.

PEMBANGUNAN DARI KAMI SAAT INI













jika ingin bertanya hubungi,
HP:081938545252
jika ingin tau kami lebih luas cek selengkapnya di kontraktor bali

Komentar

Postingan populer dari blog ini

jasa desain bangunan

kontraktor villa terkenal di bali